Wednesday, July 15, 2020

POLA BILANGAN

Lembar Kerja Peserta Didik

Nama Lengkap            : .....

Kelas/No. presensi       : ....

Materi Pokok               : Pola Bilangan

Alokasi Waktu             : 15 menit

Kompetensi Dasar : 

3.1  Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek

4.1  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek    

Indikator                 :  

3.1.1        Siswa dapat menentukan pola bilangan bulat

3.1.2        Siswa dapat menentukan bilangan selanjutnya dari pola yang sudah diberikan

4.1.1        Siswa dapat menggunakan pola bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah dalam   kehidupan sehari-hari

1.      Perhatikan gambar berikut ini!


Berikut adalah bilangan yang dimulai dengan angka nol “0” yang dituliskan dalam pita berwarna gelap dan terang. Ujung putus-putus sebelah kanan menandakan pita diperpanjang dengan pola yang dibentuk. Tentukan warna pita pada bilangan 100 dan 1001!

Jawab :

bilangan 100 = pita warna ....

bilangan 1001 = pita warna ....


Amati pola berikut!






1.      Tuliskan banyaknya persegi pada tiap-tiap bangun !

 Jawab : ....., ......, ....., ......

2.      Dapatkah kalian menemukan pola keteraturan? Dengan pola tersebut gambarkan bangun berikutnya .

        jawab :





3.      Tanpa menggambar, dapatkah kalian menentukan :

a.       Banyak persegi pada pola ke-5

b.      Banyak persegi pada pola ke-n (Un)

Jawab :

a.    Pola ke-1          1  =   2  x  1   – 1

        Pola ke-2          3  =   2 x . . . – 1

        Pola ke-3          5 =    2 x . . .  - 1

        Pola ke-4        . . . = . . .

        Pola ke-5        . . . = . . .

        Jadi, banyaknya persegi pada pola ke-5 adalah . . .

b.   Dengan memperhatikan pola tersebut, kita bisa simpulkan bahwa

        Pola ke-n adalah Un = . . .


No comments:

Post a Comment

 Pembelajaran dengan Pendekatan CRT Oleh : Hafidlotul Rif'ah PPG Prajabatan Gel. 1 Tahun 2023