Lembar Kerja Peserta
Didik
Nama Lengkap : .....
Kelas/No. presensi : ....
Materi Pokok : Pola Bilangan
Alokasi Waktu : 15 menitKompetensi Dasar :
3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan
dan barisan konfigurasi objek
4.1 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
Indikator :
3.1.1
Siswa dapat menentukan
pola bilangan bulat
3.1.2
Siswa dapat menentukan
bilangan selanjutnya dari pola yang sudah diberikan
4.1.1 Siswa dapat menggunakan pola bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
1. Perhatikan
gambar berikut ini!
Berikut adalah bilangan yang dimulai dengan angka nol “0” yang dituliskan dalam pita berwarna gelap dan terang. Ujung putus-putus sebelah kanan menandakan pita diperpanjang dengan pola yang dibentuk. Tentukan warna pita pada bilangan 100 dan 1001!
Jawab :
bilangan 100 = pita warna ....
bilangan 1001 = pita warna ....
Amati pola berikut!
1.
Tuliskan
banyaknya persegi pada tiap-tiap bangun !
Jawab : ....., ......, ....., ......
2.
Dapatkah kalian menemukan pola keteraturan? Dengan
pola tersebut gambarkan bangun berikutnya .
jawab :
3.
Tanpa
menggambar, dapatkah kalian menentukan :
a. Banyak
persegi pada pola ke-5
b. Banyak
persegi pada pola ke-n (Un)
Jawab :
a.
Pola
ke-1 1 = 2 x 1 – 1
Pola ke-2 3 = 2 x . . . – 1
Pola ke-3 5 = 2 x . . . - 1
Pola ke-4 . . . = .
. .
Pola ke-5 . . . = .
. .
Jadi, banyaknya persegi pada pola ke-5 adalah . . .
b.
Dengan
memperhatikan pola tersebut, kita bisa simpulkan bahwa
Pola ke-n adalah Un = .
. .
No comments:
Post a Comment